P E R N A H

P E R N A H
Pernah mendekati punah… Aktivitas anak-anak yang kita berikan sebagai pendidik mereka akan mereka gunakan untuk bekal mereka menghadapi tantangan di masa depan mereka. Siapa yang tahu masa depan? Bukan kita, bukan orang tua, bukan anak-anak tapi hanya Yang Berkuasa ata hidup yang bisa memberikannya. Apa peran pendidik? Memberikan pengajaran dengan berulang-ulang karena ini penting buat mereka… bukan hanya sesekali atau pernah memberikan pengajaran.

Pertama, karena mereka TIDAK AKAN BISA BERHENTI bertumbuh dan berkembang meskipun mereka atau kita ingin menghentikannya. Mereka memerlukan ‘asupan’ yang tepat di masa mereka masing-masing. Harga yang dilabelkan pada waktu yang terlewat tidak selalu bisa ditebus dengan uang, energi atau pemikiran yang berlipat karena bisa jadi itu tidak bisa tergantikan. Asupan itu adalah kasih sayang dan tindak nyata kita atas hidup mereka.

Kedua, mereka membutuhkan MODEL untuk memberi tahu/menunjukkan apa dan siapa atau hal yang berkenan dan tepat untuk dilakukan. Dunia pendidikan Indonesia bisa jadi kehilangan banyak model untuk anak-anak tiru dan lihat. Saya melihat para pengajar dan pemerhati anak-anak berjuang untuk menunjukkan dan menginspirasi anak-anak dengan menjadi model. Mereka berjuang melalui passion mereka, melalui kegiatan mereka, melalui uang dan energi mereka.

Pernah tidak akan menjadi punah ketika itu dilantangkan dan diulang-ulang.
Chariot!!

Ryo K
June 27, 2015 ; 10:44 AM

Advertisements